Selasa, 18 Oktober 2011

pemanfaatan barang bekas

Cara pembuatannya :
●         Awalnya membuat linting koran dahulu. Siapkan alat pelinting dari bambu berdiameter kurang dari 3 mm dengan salah satu ujungnya adalah ruas bambu. Belahlah ujung bambu hingga ke pangkal ruas (sumber : buku Kreasi Kertas Koran 2). Namun karena saya kesulitan untuk emnemukan bambu, kemudian saya modifikasi. Saya tidak menggunakan bambu melainkan lidi. Saya patahkan lidi namun tidak sampai benar-benar patan agar tetap bisa menjepit walau tidak terlalu sempurna namun akhirnya tetap bisa dipakai untuk membuat linting koran :-)
●         kemudian siapkan kertas koran dengan lebar kurang lebih 10 cm atau menurut selera dan panjang menurut selera juga asal tidak melebihi panjang alat pelinting. (sumber : buku KKK 2). jepitlah bagian kertas koran tersebut dan sisakan salah satui sisi lebih lebar dari sisi yang lain.
●         Selanjutnya gulung kertas dari yang lebarnya lebih kecil. Padatkan lintingan kertas dengan menekan kedua telapak tangan pada lantai atau tumpuan lalu linting kertas koran.
●         Setelah hampir habis, bagian akhir gulungan diberi lem kertas kemudian direkatkan dan tarik lidi atau bambu tersebut.
●         Bikin linting kertas sebanyak-banyak-banyaknya. Kemudian lapisan kertas gulung bekas tissu gulung tersebut dengan lem kertas atau isolasi bolak balik. Kemudian tempel lintingan kertas koran satu persatu dan potong bagian yang tidak perlu.
●         Namun sebelum diberi isolasi bolak balik dan ditempel linting kertas, tutupi bagian bawah kertas agar tidak berlubang dengan kertas karton atau kertas yang kaku untuk menutup lubang. Kertas kaku dimaksudkan agar kuat menhan beban pensil amupun bolpoin yang nantinya akan dimasukkan.
●         Setelah ditutupi kertas tersebut kemudian baru ditempeli isolasi bolak balik dan lintingan koran sehingga menjadi lebih rapi. Pada saat menmepel linting koran, usahan lintingan yang tidak terpakai (karena terlalu panjang) segera dipotong agar lebih rapi.
Ini merupakan salah satu modifikasi yang saya lakukan, agar lebih jelas mungkin lebih baik jika membaca buku Kreasi Kertas Koran 2 dan 3.  Karena lebih banyak kreasi-kreasi yang ditawarkan dan tentunya menarik karena cara pembuatannya dijelaskan satu persatu secara terperinci.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar